Perbedaan Margarin dan Mentega

Dulu, sebelum mengerti, saya sering mengira bahwa mentega dan margarin adalah sama. Namun saya keliru, ternyata antara mentega dan margarin itu berbeda. Mau tau perbedaannya? Baca ulasan di bawah ini :

MARGARIN

Margarin terbuat dari lemak nabati yang di campur dengan garam dan bahan lainnya. Teksturnya padat, berwarna kuning terang, tak mudah meleleh, dan di jual dalam kemasan mangkuk plastik atau bungkus plastik.

Jika dipanaskan, margarin akan mencair dan berubah menjadi minyak berwarna kuning tua dengan sedikit endapan. Jika di kocok akan mudah sekali lembek.

Margarin sering digunakan sebagai bahan tambahan untuk masakan, membuat saus, masakan yang di tumis, dan campuran dalam minyak goreng agar hasil gorengan lebih gurih dan renyah.

MENTEGA

Mentega (butter) terbuat dari lemak susu hewan yang di proses dengan bahan pendukung lainnya seperti air, garam, dan susu. Karena terbuat dari lemak hewani, aroma mentega lebih tajam dan menggiurkan selera.

Mentega berwarna kuning pucat dan mudah meleleh. Sebagai perbandingan, mentega lebih mudah meleleh dibandingkan margarin saat dipanaskan. Mentega biasanya dijual dalam kemasan kertas alumunium.

Tips :

Ketika menggunakan margarin untuk menumis atau membuat kue kering, jangan menambahkan garam karena rasanya sudah asin.

Karena mentega mudah sekali tengik, perhatikan tanggal kadaluarsanya pada kemasan. Jika tidak habis sekali pakai, simpan mentega atau margarin dalam tempat sejuk dan tidak terkena sinar matahari langsung.@

No comments:

Post a Comment