Arti Kode Warna di Kemasan Pasta Gigi



Akhir-akhir ini, himbauan kepada masyarakat agar waspada dalam memilih pasta gigi beredar di jejaring sosial Facebook. Himbauan ini berisi mengenai informasi kandungan bahan aktif dalam pasta gigi yang dapat diketahui berdasarkan kode warna di kemasannya.

Himbauan yang dibagikan secara berantai ini disertai dengan ilustrasi yang menunjukkan letak kode warna yang dimaksud. Kode berupa garis kecil di bagian bawah tube atau kemasan pasta gigi itu pun dilingkari dengan warna merah supaya terlihat.

Keterangan tentang arti kode yang disertakan dalam postingan tersebut kurang lebih tertulis sebagai berikut:
Green : Natural.
Blue : Natural + Medicine.
Red : Natural + Chemical composition.
Black : Pure Chemical.

Dibawahnya tercetak kalimat peringatan "BE AWARE OF THE PRODUCTS THAT YOU USE DAILY!" tanpa keterangan lainnya.

Versi lain ada yang secara vulgar menyebut beberapa merek pasta gigi, dengan mengatakan bahwa pasta gigi dengan kode hijau adalah yang terbaik.

"Terus terang hal tersebut (kode warna) belum pernah saya kenal," kata drg Ratu Mirah Afifah, GCClinDent, MDSc, Professional Relationship Manager Oral Care Unilever, pemegang merek Pepsodent.

Namun drg Ratu Mirah memastikan, semua ingredients atau kandungan terutama bahan aktif seharusnya sudah tercantum dalam kemasan. Tanpa perlu mengartikan kode sekalipun, siapapun bisa mengetahui bahan aktif apa saja yang ada di dalam pasta giginya.

Menurut drg Ratu Mirah, semua pasta gigi mengandung fluoride karena bahan tersebut dibutuhkan untuk menguatkan email dan mencegah gigi berlubang.

Saat ini, semua pasta gigi di Indonesia harus mengandung bahan fluoride tersebut. Selain fluoride, berbagai jenis bahan aktif lainnya juga sering ditambahkan sesuai dengan kebutuhan pasien. Contohnya HAP (hydroxyapatite) mineral dan potassium citrate untuk gigi sensitif, serta zinc citrate untuk memelihara kesehatan gusi.@

Sumber : detik

[display-posts tag=kesehatan]

No comments:

Post a Comment