Daftar Keluarga Terkaya Di Dunia

Berdasarkan peringkat dari majalah Forbes 2013, berikut adalah 10 keluarga terkaya di dunia:

1. Carlos Slim Helu dan keluarga - US$ 73 miliar (Rp 730 triliun)

Carlos Slim Helu adalah kepala keluarga terkaya di dunia. Keluarga memiliki Grupo Financiero Inbursa, sebuah perusahaan keuangan dan Grupo Carso, sebuah perusahaan industri dan ritel. Dia juga memiliki Amerika Movil, sebuah perusahaan telepon genggam yang beroperasi di seluruh Amerika Latin dan yang memiliki saham di KPN Belanda dan Telekom Austria. Keluarga juga memiliki kepentingan dalam infrastruktur, pertambangan dan real estat. Anaknya, Carlos, Marco Antonio dan Patrick, yang sekarang bertanggung jawab atas beberapa perusahaan.

2. Liliane Bettencourt dan keluarga - US$ 30 miliar (Rp 300 miliar)

Keluarga Bettencourt mewarisi 30% saham dari L'Oreal, raksasa kosmetik Prancis. Akan tetapi ada pertentangan satu sama lain. Sementara Liliane, 90 tahun, saat ini wanita terkaya di dunia, dia telah menderita dari demensia alias pikun, memaksa putrinya dan cucunya untuk mengambil tindakan dengan cucu Jean-Victor menggantikan Liliane di L'Oreal.

3. Bernard Arnault dan keluarga - US$ 29 miliar (Rp 290 miliar)

Bernard Arnault adalah Ketua dan Chief Executive Officer dari Moet Hennessy Louis Vuitton, atau LVMH. Keluarga juga memiliki saham di Christian Dior. Namun, sempat ada kontroversi setelah Ia pindah menjadi warga negara Belgia. Banyak orang percaya hal itu berkaitan dengan rezim pajak tinggi yang diusulkan di Prancis.

4. Christy Walton dan keluarga - US$ 28,2 miliar (Rp 282 triliun)

Christy Walton adalah istri dari John Walton, salah satu anak Sam Walton, pendiri Wal-Mart. Setelah Sam meninggal, anak-anaknya mengambil alih dengan saham di perusahaan. Namun, Yohanes meninggal pada tahun 2005 karena kecelakaan pesawat, meninggalkan Christy dan satu anak. Christy dan keluarganya mewarisi kekayaan Yohanes, termasuk dividen dari Wal-Mart yang berjumlah sampai US$ 430 juta tahun 2012.

5. Michele Ferrero dan keluarga - US$ 20,4 miliar (Rp 204 triliun)

Setelah Pietro Ferrero meninggal di tahun 1950, seluruh bisnis cokelat diambil alih oleh putranya Michele Ferrero. Michele mampu memperluas bisnis ke salah satu pembuat permen terbesar di dunia, dengan produk dan merek yang mencakup hazelnut cokelat Ferrero Rocher, Nutella dan Tic Tac. Grup Italia yang memiliki lebih dari 70 perusahaan afiliasinya dan 15 produksi tanaman juga mempekerjakan sekitar 22.000 orang di seluruh dunia. Perusahaan berhasil mendominasi di tiga negara terbesar di dunia yaitu Amerika Serikat, Rusia, dan Brasil. Ia memiliki dua putra, Pietro dan Giovanni. Pietro meninggal dunia pada tahun 2011. Giovanni kini Chief Executive Officer Grup Ferrero.

6. David Thomson dan keluarga - US$ 20,3 miliar (Rp 203 triliun)

Keluarga Thomson memiliki sebuah perusahaan induk swasta yang disebut Woodbridge, yang dikendalikan oleh David Thomson dan saudaranya Petrus. Keluarga memiliki 55% dari perusahaan media informasi yang disebut Thomson Reuters. Kursi komisaris perusahaan ini dipegang oleh David, serta koran he Globe and Mail di Kanada. Keluarga juga memiliki saham di IHS, perusahaan yang berurusan dengan analytics, dan Strategic Hotel and Resorts, sebuah perusahaan kepercayaan investasi real estate.

7. Thomas & Raymond Kwok dan keluarga - US$ 20 miliar (Rp 200 triliun)

Mereka adalah Taipan properti dari Hong Kong. Bersama sang ibu Kwong Siu-hing, Sun Hung Kai Property menjadi pemain dominan di industri real estate negara ini. Sayangnya, dua bersaudara ini tengah terlibat dalam skandal korupsi senilai US$ 4 juta.

8. Theo Albrect Jr dan keluarga - US$ 18,9 miliar (Rp 189 triliun)

Theo Albrecht Jr. adalah putra bertahan lone Theo Albrecht. Yaitu orang yang membangun jaringan pusat perbelanjaan di Jerman dan sisanya dari daratan Eropa di tahun 1960-an. Setelah meninggal, kekayaannya jatuh untuk kedua anaknya, Theo, Jr dan Berthold. Namun, Berthold meninggal pada bulan November 2012, meninggalkan istrinya Babette dan lima anak- anak. Seperti semua bisnis yang dikendalikan oleh sebuah yayasan yang memberikan dividen kepada anggota keluarga, mereka masih memiliki saham di berbagai perusahaan. Di antaranya Aldi Nord dan Trader Joes.

9. Alberto Bailleres Gonzales dan keluarga - US $ 18,2 miliar (Rp 182 triliun)

Keluarga miliarder Meksiko ini memiliki saham di berbagai sektor industri dengan perusahaan induk Bal Gonzales Group. Ini merupakan tambang perak terbesar di dunia. Selain itu, keluarga ini juga menangani Grupo Palacio de Hierro Group (departemen store), Grupo Nacional Provincial (perusahaan asuransi) dan Grupo Profuturo (perusahaan dana pensiun). Gonzales juga memiliki saham di FEMSA dan Coca Cola.

10. Iris Fotbona dan keluarga - US$ 17,4 miliar (Rp 174 triliun)

Ketika miliarder Chili Andronico Luksic meninggal pada tahun 2005, Ia meninggalkan beberapa bisnis untuk keluarganya, yaitu istri Iris Fotbona dengan 3 orang anak (Jean-Paul, Andronico dan Guilermo). Salah satu bisnisnya adalah tambang tembaga terbesar di dunia bernama Antofagasta. Keluarga juga memegang saham mayoritas Quinenco, perusahaan pabrik kemasan dan produksi minuman. Keluarga ini juga memiliki dua hotel di pantai Kroasia.

Sumber : detik

Artikel lainnya :
[display-posts offset=5]

No comments:

Post a Comment