Cara Menghilangkan Bau Badan

Setiap aktivitas yang kita lakukan dapat menyebabkan badan keringat. Keringat inilah yang menyebabkan munculnya bau badan sehingga membuat rasa percaya diri berkurang.

Berikut ini cara untuk mendapatkan kembali kepercayaan diri atas bau badan. Keringat berlebihan (hiperhidrosis) dipengaruhi oleh adanya hormon yang tidak seimbang, faktor emosional, makanan pedas, olahraga, dan stres.

Berikut ini cara untuk mengatasi bau badan :

Air
Air mampu mengatasi munculny bau ketiak. Karenanya jangan pernah tidak mandi dua kali dalam sehari. Hal ini dilakukan guna mengatasi keringat berlebih dan melenyapkan bau yang tak sedap.

Jeruk Nipis dan Lemon
Jeruk nipis adalah buah yang mampu mengatasi keringat berlebih, mencegah bau badan, dan dapat membuat ketiak lebih putih. Caranya adalah dengan menggosokkan 1 1/2 bagian jeruk nipis yang tidak terlalu matang pada ketiak. Ketika baru pertama kali melakukannya, ketiak anda seperti mengalami iritasi ringan. Jika ketiak sedang dalam kondisi ruam maka hindari penggunaan jeruk nipis ini.

Cuka
Pada malam hari sebelum tidur usapkanlah cuka di ketiak, keringkanlah secara alami. Pada pagi hari setelah anda bangun, bersihkan ketiak anda dengan air. Cuka membantu mengurangi keringat berlebih.

Anti-perspirant dan Deodoran
Anti perspirant dan deodoran mampu menjaga aroma badan tetap segar. Anti-perspirant bereaksi menyumbat pori- pori, mencegah hadirnya keringat mencapai permukaan kulit. Meskipun dapat membantu mengatasi keringat, anda harus membatasi penggunaannya. Ingat bahwa kandungan bahan kimia yang terkandung di dalamnya dapat menyebabkan efek samping seperti iritasi dan perubahan warna kulit.

Turunkan Berat Badan
Aturlah pola makan sehat, turunkan berat badan anda. Kelebihan berat badan adalah faktor pemicu munculnya keringat berlebih. Jika berat badan Anda sudah seimbang, masukkan lebih banyak serat dan hindari mengonsumsi rempah-rempah terlalu banyak dalam keseharian.

Pakaian
Pakaian yang berbahan katun dapat membuat kulit bernapas dan mengatasi keringat. Jika aktivitas anda sepanjang hari berada di out door maka sebaiknya jangan mengenakan bahan pakaian yang dapat menyebabkan iritasi dan memicu hadirnya keringat berlebih, contoh kain satin.

Dokter
Apabila masalah keringat dan bau badan yang sudah sangat parah dan cara tersebut diatas tidak juga mebantu, maka segeralah konsultasikan ke dokter. Dokter akan membantu menemukan penyebab munculnya keringat berlebih dan akan mengatasinya secara medis.@

No comments:

Post a Comment