Cara dan Tips Mengolah Cumi-Cumi

Cumi-cumi merupakan salah satu hasil laut yang paling banyak digemari. Namun sebagian orang masih ada yang mengalami kesulitan dalam mengolah cumi-cumi menjadi makanan yang lezat.

Berikut ini tips mengolah cumi-cumi dan cara yang mudah dalam memasaknya.

Pertama, dalam memilih cumi-cumi. Pilihlah cumi-cumi yang matanya masih jernih dan untuk cumi-cumi yang masih utuh, perhatikanlah kulit arinya yang bewarna kemerahan belum rusak. Pilih cumi-cumi dengan daging yang masih padat dan kenyal. Cumi-cumi yang bagus yaitu memiliki bau khas ikan segar.

Setelah mendapatkan cumi-cumi sebagaimana tersebut diatas, selanjutnya membersihkan cumi-cumi. Cara membersihkan cumi-cumi yaitu pisahkan cumi-cumi dari badan dan kepalanya dengan menariknya perlahan. Lalu bersihkan perut cumi dengan memasukkan jari telunjuk ke dalamnya, keluarkan tulang dan kotoran didalamnya.

Jika anda menginginkan cumi-cumi berwarna putih, kupas kulit ari cumi-cumi dari badannya. Buang kantong tinta yang berwarna perak yang berada di dalam kepala. Bersihkan juga tinta yang ada dibalik kepolak mata dengan menusuknya dengan tusik sate.

Tapi jika anda ingin memasak cumi-cumi hitam jangan buang kantong tintanya. Kemudian bilas hingga bersih.

Dalam memasak cumi, jangan memasaknya lebih dari dua menit. Proses masak lebih dari dua menit dan kurang dari 30 menit akan membuat daging menjadi liat.

Agar cumi-cumi sedikit lunak, rendamlah cumi-cumi dengan susu yang telah dicampur dengan sedikit baking powder.

Demikianlah tips dan cara mengolah cumi-cumi. Semoga bermanfaat.@

No comments:

Post a Comment