Dari Belakang

Mereka bermain dibelakangku. Menyakitkan memang,,, Tapi bagaimanapun itu merupakan hak mereka walaupun sesungguhnya tak lagi bersandar pada etika dan moral.


Persoalannya sederhana, hanya masalah mentalitas...


Ketika aku berkunjung ke Kab. I dan berjumpa dengan kawan-kawan disana, aku berbincang dengan seorang kawan yang mengabarkan bahwa ia dan beberapa temanku terlibat dalam kerangka agenda politik jangka pendek. Bagiku, apa yang mereka lakukan sungguh berbahaya untuk strategi perjuangan kami. Betapa menyesakkan ketika mendengar kabar tersebut dari orang lain, sementara mereka tak pernah bercerita kepadaku. Padahal mereka sering berdiskusi denganku...


Informasi yang kudapatkan sangat berarti. Kini aku harus mensterilkan beberapa orang di dekatku. Hanya orang-orang yang terujilah yang dapat kuajak sharing mengenai strattak dan dinamika kontemporer.


Namun aku tak akan meniadakan mereka dalam proses ini, memanfaatkan mereka untuk dikemudian hari mungkin akan lebih berguna.


Jika momentumnya tiba, mereka sebagai kekuatan akan aku gunakan sebagaimana situasi dan kondisi menghendakinya. Dan mereka tetap dalam barisan kekuatan taktis.


Ternyata proses alamiah benar-benar menunjukkan dan membuktikan bahwa siapa yang sesungguhnya memiliki kesungguhan, komitmen, loyalitas [ideologi] dan konsistensi dalam berjuang. Mereka atau kita,,,,

No comments:

Post a Comment