GARIS DARAH?

Banyak hal yang ada disekitar kita namun kita tak bersentuhan dengannya. obrolan yang baru saja selesai tadi, banyak cerita mengenai hal yang berada diluar akal sehat, namun menurut mereka demikanlah kenyataannya. Ternyata ada sebagian dari masyarakat kita yang begitu terpengaruh dengan hal-hal berbau klenik dan itu merupakan pedoman dalam menjalani kehidupan, akal sehat sangat jauh dari pikiran mereka.


Betapa tidak, manakala sebagian dari kita telah menjelalah dunia modern, globalisasi, pesatnya arus informasi, namun tradisi atau budaya “alam luar” begitu mengikat kesadaran manusia.


Apakah mereka yang merupakan bagian dari sejarah, keturunan bagi simbol budaya telah melalaikan tugas untuk mentransformasikan sistem nilai budaya itu sendiri, baik sikap mental, perilaku, dan cara pandang?? Ataukah mereka sendiri tidak memahami budaya mereka sendiri?!


Selanjutnya, tidak hanya sekedar bangga akan garis darah, pewaris raja-raja, tapi lebih dari itu menjaga budaya dan membumikannya dalam tatanan kemasyarakatan.


Setidaknya internalisasi akan nilai tersebut harus dimiliki oleh seluruh para pengabdi dan tentunya para keturunan langsung dalam satu garis darah.


Bukankah kita wajib menjaga dan memelihara nilai-nilai luhur yang seharusnya kita lestarikan dan menselaraskannya dengan nilai yang universal.

No comments:

Post a Comment