Sebelumnya, sore tadi jam 4 tepatnya, aku dihubungi via telepon oleh G, seorang dari kelompok minoritas yang memiliki pengaruh lumayan kuat di komunitasnya. Selanjutnya aku bertemu dengan ia dan kelompoknya tepat jam 6 sore.Ternyata mereka meminta aku untuk memberikan analisa mengenai suksesi kepemimpinan ditingkat lokal dan memberikan rekomendasi tentang figur mana yang layak untuk dipilih.Terus terang, aku tak bisa memberikan rekomendasi tentang figur mana yang layak untuk dipilih karena mereka memang tak layak untuk dipilih, aku ungkapkan beberapa parameter yang tak mungkin bisa mereka penuhi.Perubahan tak mungkin terjadi jika mereka yang mengendalikan kekuasaan tak memiliki kehendak politik untuk menata dan memberikan akses pelayanan bagi masyarakat. Jejak rekam merupakan sarana untuk memperbandingkan apa yang telah dilakukan dalam proses dan pembuatan kebijakan public.Harapan akan adanya perubahan hanya bisa apabila didalam kekuasaan itu sendiri cukup tersedia orang-orang democrat, memiliki pemahaman mengenai Negara kesejahteraan, dan berjiwa kerakyatan. Intinya bahwa mereka kandidat kepala daerah ini tak memiliki basis ideology, padahal ideology merupakan pedoman dalam kehidupan bermasyarakat, berbangsa dan bernegara. Ia menjadi garis besar perjuangan untuk kearah perubahan dan pembaharuan.

No comments:

Post a Comment