Khasiat Tanaman Obat Sambiloto

Sambiloto merupakan tanaman liar yang sering ditemukan di tempat terbuka. Tanaman ini dapat tumbuh di dataran rendah sampai dengan ketinggian 700 m di atas permukaan laut (dpl).

Tanaman obat sambiloto secara ilmiah di sebut andropgraphis paniculata. Di Cina mengenalnya dengan sebutan chuan xin lien. Sambiloto terkenal dengan rasanya yang pahit.

Secara fisik, sambiloto tumbuh dengan tinggi sekitar 40-90 cm. Batangnya berbentuk segi empat, bercabang banyak. Daunnya tunggal, berhadapan bersilang dengan warna daun hijau tua dengan permukaan bawah lebih muda. Panjang daunnya 2-8 cm, lebar 1-3 cm dengan tangkai yang pendek.

Bunganya berukuran kecil, berwarna putih keunguan. Bentuk buahnya memanjang dan bijinya berbentuk pipih berwarna coklat muda.

Sambiloto memiliki kandungan :
Laktone : deoxy-andrographolide, andrographolide, deoxy-neoandrographolide, didehydroandro grapholide, dan homoandrographolide.
Flavonoid : alkane, ketone, dan aldehyde.

Khasiat dan manfaat tanaman sambiloto ini dapat mengatasi penyakit tipus, TBC, batuk rejan, kencing nanah, dan lainnya. Berikut ini cara memanfaatkan sambiloto untuk penyakit-penyakit tersebut di atas :

Tipus

Petiklah 10-15 lembar daun sambiloto yang masih segar. Lalu rebus dengan air hingga mendidih. Untuk mengatasi rasa pahit bisa ditambahkan dengan madu.

TBC

Ambil daun sambiloto yang masih segar lalu dikeringkan. Setelah kering, giling sampai halus menjadi bubuk. Selanjutnya campurkan bubuk sambiloto dengan sedikit madu. Campuran bubuk sambiloto dan madu dibuat bulatan-bulatan berbentuk pil kecil.
Minum pil sambiloto 2-3 kali sehari, sebanyak 15-30 pil untuk sekali minum.

Batu rejan (Pertusis)

Seduhlah 3 lembar daun sambiloto dengan air panas. Minumlah larutan ini 3 kali sehari. Jika tidak tahan dengan rasa pahit, dapat ditambahkan dengan madu.

Kencing Nanah

Ambil 3 batang sambiloto dengan daunnya. Cuci bersih dan rebus dengan air sebanyak 4 gelas hingga tersisa 2 gelas. Setelah dingin, saring dan minum dengan menambahkan madu secukupnya. Resep ini (2 gelas) untuk 3 kali minum dalam sehari.

Penambah Nafsu Makan

Ambil 10 daun sambiloto, siapkan kulit dan batang sambiloto sebanyak 50 gram. Cuci daun, kulit, dan batang dengan air bersih. Rebus semua bahan tadi dengan air sebanyak 3 liter. Setelah mendidih, dinginkan dan masukkan ke dalam botol atau wadah. Untuk menghilangkan rasa pahit dapat ditambahkan dengan madu. Minumlah secara rutin 1 gelas sehari.

Demikian tulisan khasiat dan manfaat tanaman obat sambiloto. Semoga bermanfaat.@

Artikel lainnya :
[display-posts offset=5]

No comments:

Post a Comment